Senin, 23 Februari 2015

PROFIL KOPDIT SAMI JAYA


Apa itu Koperasi Kredit Sami Jaya ?
Koperasi Kredit Sami Jaya adalah : Lembaga pelayanan usaha keuangan yang dimiliki oleh anggota, dikembangkan oleh anggota, serta dimanfaatkan oleh anggota untuk meningkatkan kesejahteraan hidup keluarga dari anggota itu sendiri serta masyarakat sekitarnya.

Arti dan makna dari Koperasi Kredit Sami Jaya.
Kredit berasal dari kata  “Credere” artinya Kepercayaan.
Sedangkan “Sami Jaya” artinya Sama – sama Jaya.
Jadi Koperasi Kredit (Kopdit) Sami Jaya adalah Koperasi yang menjunjung tinggi pada kepercayaan. Percaya terhadap itikad baik sesama anggota, percaya terhadap itikad baik dari para Pengurus / Pengelola, percaya pada itikad baik anggota oleh Pengurus.
Dengan adanya saling percaya diharapkan Koperasi dapat berkembang seirama dengan meningkatnya kesejahteraan keluarga para anggota.

Apa tujuan Koperasi Kredit Sami Jaya ?
Pertama – tama meningkatkan kesejahteraan keluarga anggotanya dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitarnya melalui pemanfaatan Koperasi secara maximal.
Dengan demikian Kopdit Sami Jaya dapat melayani pinjaman anggotanya secara mudah dan berdaya guna yang didukung oleh partisipasi dari para anggotanya.

Nilai tambah dari Koperasi Kredit Sami Jaya yaitu :
Keluarga anggota menjadi tenang dan aman karena setiap simpanan dan pinjaman yang tercatat dilindungi oleh Dana Perlindungan Bersama (DAPERMA) baik Santunan Duka Anggota maupun perlindungan pinjamannya yang dikelola secara Nasional oleh Induk Koperasi Kredit (INKOPDIT) di Jakarta.

Apa manfaat dari Daperma ?
Apabila anggota Sami Jaya meninggal dunia maka seluruh pinjamannya akan dilunasi oleh DAPERMA dan keluarga dari yang meninggal akan mendapat santunan duka sebesar simpanannya.
Dengan demikian keluarga (ahli waris) tidak menanggung warisan hutang dari pinjaman ke Koperasi.


Sekilas tentang Kopdit Sami Jaya.
Koperasi Kredit Sami Jaya didirikan pada tanggal 13 September 1979. Bermula sebagai Koperasi dikalangan guru – guru SMAK Giovani kemudian menerima anggota disekitar kompleks Frateran Kupang.
Tahun 1981, tepatnya tanggal 30 Desember Kopdit Sami Jaya memperoleh Badan Hukum dari Kantor Departemen Koperasi Kabupaten Kupang pada waktu itu dengan nomor Badan Hukum : 404/BH/XIV/81 dengan demikian resmilah Kopdit Sami Jaya Kupang, dan pada saat itu juga Kopdit Sami Jaya mulai membuka kesempatan kepada masyarakat luas yang ada di Kota Kupang dan sekitarnya.
Pada tahun 1984 terbentuklah Badan Koordinasi koperasi Kredit Daerah Timor (BK3D-Timor) yang sekarang menjadi Pusat Koperasi Kredit (PUSKOPDIT) Bekatigade Timor, dimana Pengurusnya adalah Pengurus Sami Jaya dan Kantornya juga menggunakan Kantor Sami Jaya.
Tahun 1993 masuk menjadi anggota DAPERMA serta menjadi anggota Silang Pinjam Daerah (SPD) pada PUSKOPDIT Bekatigade Timor.
Pada tahun 1997 terjadi perubahan Anggaran Dasar dengan nomor : 77/PAD/KWK.24/XIV/97.
Pada HUT Koperasi ke 56 tanggal 12 Juli 2003 dalam ajang Gerakan Koperasi Berprestasi (GARASI) Kopdit Sami Jaya berhasil memperoleh Juara I Koperasi Berprestasi tingkat Propinsi NTT dan mendapat penghargaan dariGubernur NTT, dan juga mendaptkan penghargaan dari Bapak Menteri Koperasi sebagai juara harapan I Koperasi Berprestasi tingkat Nasional yang berlangsung di Solo.


Apa Motto Kopdit Sami Jaya ?

Kopdit Sami Jaya berasaskan Pancasila dan UUD RI.
Untuk menghayati ini diperlukan tiga pilar yakni : Pendidikan,Setia Kawan (solidaritas) dan Keswadayaan.

Pendidikan.
Melalui Pendidikan Kopdit dibentuk, dengan Pendidikan Kopdit dikembangkan dan dengan Pendidikan Kopdit dapat dikontrol.
Karena itu setiap anggota Kopdit Sami Jaya harus melalui Pendidikan agar dapat mengetahui hak dan kewajibannya serta mengetahui dan memahami laporan Pengurus dan perkembangan Kopdit Sami Jaya.

Setia Kawan.
Wujud nyata dari rasa setia kawan dalam Kopdit yaitu selalu memperhatikan kebutuhan sesama anggota.
Karena itu kewajiban sebagai anggota Kopdit Sami Jaya selalu diperhatikan dengan cara menyetor SW dengan tertib, mengembalikan pinjaman dengan teratur agar anggota yang lain mendapat kesempatan memperoleh pelayanan pinjaman.

Keswadayaan.
Kopdit Sami Jaya memiliki prinsip untuk dapat membiayai dirinya sendiri dan tidak akan tergantung pada pihak lain. Karena itu Kopdit Sami Jaya selalu menyisihkan sebagian penghasilannya berupa cadangan untuk memperkuat permodalan (modal sendiri).
Untuk meningkatkan permodalan maka diperlukan usaha mobilisasi dana dari dalam ( dari anggota) dengan membuka berbagai macam tabungan / simpanan untuk anggota.

Nilai – Nilai dan Prinsip – Prinsip Koperasi.
Kopdit Sami Jaya Menjunjung tinggi Prinsip – prinsip dan nilai-nilai Koperasi secara Universal, sesuai jati diri Koperasi ICA – 1995.

Prinsip – Prinsip
Keanggotaan terbuka dan sukarela, pengendalian oleh anggota secara demokrasi, partisipasi ekonomi anggota, otonomi dan kemerdekaan, pendidikan pelatihan dan informasi, kerja sama antar Koperasi, kepedulian terhadap lingkungan.

Produk – Produk Simpanan.
Simpanan SAHAM (Simpanan Pokok, Simpanan wajib, Simpanan Sukarela, Simpanan kapitalisasi)
Simpanan Non Saham : SIBUNGHARI (simpanan bunga harian), SISUKA (simpanan sukarela berjangka), SIDIA (simpanan pendidikan anak).

Produk – Produk Pinjaman.
   A. Pinjaman Produktif
   B. Pinjaman Kesejahteraan
   C. Pinjaman Perumahan.

Syarat – syarat menjadi anggota.
   1. Warga Negara Indonesia
   2. Berdomisili tetap / memiliki KTP
   3. Usia maximal 50 tahun
   4. Bersedia mentaati AD / ART serta ketentuan yang berlaku
   5. Bersedia Menyetor :
                               Simpanan Pokok                    Rp.  250.000
                 Simpanan Wajib                     Rp.  25.000 / bulan
                 Simpanan Sukarela Wajib       Rp.  20.000
                 Uang pangkal                         Rp.  50.000
                 Dana kematian                       Rp.  20.000 / tahun
                 Dana pendidikan                    Rp.  15.000
                 Uang buku                             Rp.  20.000
           Sibuhar Perdana                      Rp. 100.000
           Mengisi formulir pendaftaran, pas foto 3x4, foto kopi KTP, map snelhekter.






Mari bergabung bersama kami
Silahkan datang di kantor Kopdit sami Jaya
Jalan. Gua Lourdes No. 2 Kupang dan Jln. A. Yani Oeba Kupang
Telp (0380) 8 2 3 2 6 5


Tidak ada komentar:

Posting Komentar